Daftar

Zaerif Amri Arrahman

Lanjutan

Makanan

Saya adalah sprinter, apakah berbahaya saat seorang sprinter mengkonsumsi makanan pedas? apa dampak paling menonjol dari makanan pedas bagi sprinter?

0

3 jawaban

3 Jawaban

Toni Suwendi

Pintar

Menjawab pertanyaan 5 bulan yang lalu

1. Dehidrasi
Seperti dijelaskan di atas, kandungan capsaicin dalam makanan pedas bisa berefek pada peningkatan suhu tubuh. Inilah mengapa setelah makan pedas, Anda pasti merasa gerah dan panas. Bila setelah makan pedas Anda langsung berolahraga, suhu tubuh Anda bisa langsung melonjak naik.

Untuk menurunkan suhu tubuh, badan Anda akan memproduksi keringat. Tanpa makan pedas saja Anda pasti sudah banyak berkeringat saat olahraga. Maka, makan pedas sebelum olahraga berisiko membuat Anda kehilangan banyak sekali cairan lewat keringat. Hal tersebut bisa memicu dehidrasi. Dehidrasi parah bisa membuat Anda kehilangan kesadaran (pingsan).

2. Refluks asam lambung
Makan pedas memang tidak bisa menyebabkan refluks asam lambung (maag). Namun, kalau Anda punya penyakit ini, makan pedas sebelum olahraga bisa memicu asam lambung naik ke kerongkongan hingga menyebabkan dada sesak dan nyeri. Bukannya membentuk otot dan menurunkan berat badan, Anda malah jadi tak bisa berolahraga karena refluks asam lambung kumat.

3. Diare
Kandungan capsaicin dalam cabai tidak mudah dicerna oleh tubuh. Oleh karenanya, kandungan ini bisa terjebak dalam usus dan mengakibatkan iritasi. Makanan yang tadi Anda konsumsi pun akan cepat keluar lagi sebelum dicerna dengan sempurna oleh usus. Inilah yang disebut dengan diare.

Diare tentu akan sangat mengganggu aktivitas olahraga Anda. Jadi, sebaiknya hindari makan pedas sebelum olahraga. Kalau Anda memang ingin makan pedas, pastikan Anda memberi jeda paling tidak empat jam sebelum mulai berolahraga.

Zaerif Amri Arrahman

Lanjutan

Menjawab pertanyaan 5 bulan yang lalu

thanks mang

krekypro

Pemula

Menjawab pertanyaan 4 bulan yang lalu

yg paling menonjol adalah BENGIS

Jawab Pertanyaan